Sarana Pengaduan
Perusahaan telah menerapkan beberapa langkah untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen AdaKami. Untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen aplikasi AdaKami, kami menyediakan sarana pengaduan melalui berbagai saluran komunikasi yaitu Customer Service AdaKami, sebagai berikut:
![call center](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fcall-center.png&w=384&q=75)
Call Center : 1500077
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami melalui jalur telepon dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui nomor 1500077. Call Center AdaKami dapat dihubungi di hari
Senin - Minggu pukul 8.00 - 20.00 WIB.
![mail](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fmail.png&w=384&q=75)
Email AdaKami : tanya@adakami-cs.id
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui alamat email tanya@adakami-cs.id di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
![mail](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fmessage.png&w=384&q=75)
Livechat : melalui aplikasi AdaKami
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dan singkat dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui layanan chat pada aplikasi AdaKami di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
Selain media tersebut di atas, Perusahaan juga menyediakan sarana pengaduan melalui media sosial seperti Instagram resmi AdaKami @adakami.id.
Tindak Lanjut Penanganan Pengaduan
Dalam menyediakan layanan penangan pengaduan konsumen, Perusahaan berpedoman dengan ketentuan Pasal 6 POJK No. 18 /POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan SE OJK No. 17/SEOJK.07/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan.
Berikut adalah prosedur singkat layanan pengaduan kepada konsumen dan/atau masyarakat
Alur Pengaduan
Konsumen menyampaikan pengaduan melalui:
![call center flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fcall-center-flow.png&w=384&q=75)
![email flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Femail-flow.png&w=384&q=75)
![livechat flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Flivechat-flow.png&w=384&q=75)
![social media flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fsocial-media-flow.png&w=384&q=75)
![mass media flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fmass-media-flow.png&w=384&q=75)
![ojk flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fojk-flow.png&w=384&q=75)
![afpi flow](/_next/image?url=%2Fimages%2Fcomplain%2Fafpi-flow.png&w=384&q=75)
- Laporan bulanan kepada Management
- Reminder proses kepada Departement terkait
Jumlah Pengaduan
Selama tahun 2022, Perusahaan menerima pengaduan sebanyak 7578 pengaduan dan telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini adalah data penanganan pengaduan konsumen oleh Perusahaan di tahun 2022.