main bannermain banner mobile

Alur Sarana Pengaduan

Sarana Pengaduan

Perusahaan telah menerapkan beberapa langkah untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen AdaKami. Untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen aplikasi AdaKami, kami menyediakan sarana pengaduan melalui berbagai saluran komunikasi yaitu Customer Service AdaKami, sebagai berikut:

call center

Call Center : 1500077

Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami melalui jalur telepon dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui nomor 1500077. Call Center AdaKami dapat dihubungi di hari
Senin - Minggu pukul 8.00 - 20.00 WIB.

mail

Email AdaKami : tanya@adakami-cs.id

Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui alamat email tanya@adakami-cs.id di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.

mail

Livechat : melalui aplikasi AdaKami

Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dan singkat dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui layanan chat pada aplikasi AdaKami di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.

Selain media tersebut di atas, Perusahaan juga menyediakan sarana pengaduan melalui media sosial seperti Instagram resmi AdaKami @adakami.id.


Tindak Lanjut Penanganan Pengaduan

Dalam menyediakan layanan penangan pengaduan konsumen, Perusahaan berpedoman dengan ketentuan Pasal 6 POJK No. 18 /POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan SE OJK No. 17/SEOJK.07/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan.

Berikut adalah prosedur singkat layanan pengaduan kepada konsumen dan/atau masyarakat

Alur Pengaduan

arrow rightPenerimaan Pengaduan
Konsumen menyampaikan pengaduan melalui:
call center flowemail flowlivechat flowsocial media flowmass media flowojk flowafpi flow
arrow rightEskalasi Pengaduan
Petugas Customer Service menerima pengaduan, mencatat pengaduan ke dalam sistem, membuat tiket pengaduan, kemudian melakukan eskalasi ke Complaint Specialist.dialog down
Complaint Spesialist melakukan eskalasi ke departmen terkait untuk proses penyelesaian pengaduan konsumen.dialog down
Proses investigasi dan penyelesaian atas pengaduan konsumen oleh departemen terkait sesuai dengan SLA penaganan pengaduan konsumen.dialog down
Feedback hasil investigasi dan pengananan pengaduan dikirimkan kembali kepada Complaint Spesialist untuk kemudian disampaikan kepada Petugas Customer Servicedialog down
arrow rightPenyelesaian Pengaduan
Petugas Customer Service menyampaikan informasi kepada konsumen melalui email terkait hasil penyelesaian pengaduandialog down
arrow rightPemantauan/ Monitoring
Internal:
  1. Laporan bulanan kepada Management
  2. Reminder proses kepada Departement terkait
Eksternal:Laporan kepada OJK per 3 bulan

Jumlah Pengaduan

Selama tahun 2022, Perusahaan menerima pengaduan sebanyak 7578 pengaduan dan telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini adalah data penanganan pengaduan konsumen oleh Perusahaan di tahun 2022.

No.Jenis Transaksi KeuanganKategori PermasalahanJumlah PengaduanSelesaiTidak SelesaiDalam Proses
JumlahPersentaseJumlahPersentaseJumlahPersentase
1Peminjaman dengan Pembayaran secara angsuranPembayaran219821982900%00%
2Penipuan atau Fraud391391500%00%
3Penagihan Tidak Beretika10421042500%00%
4Keringanan244424443200%00%
5Perubahan Nomor Ponsel108710871400%00%
6Aplikasi416416500%00%
Total Pengaduan7578757810000%00%